Tentang Saya

Foto saya
seorang gadis biasa yang ingin bercerita tentang bagaimana menariknya naskah kehidupan di tulis ☺

Jumat, 24 Mei 2013

CERBUNG : (part1) BE FREAK !


BE FREAK ! 
Cipt. WentiRa


HOLIDAY cuyy !!!
Layaknya anak abege yang baru netes dari induk semangnya, gua bener – bener menanti hari libur ini. Hari Sabtu yang libur, karena eskul gua gak ngadain kegiatan ples besok hari Minggu dan hari senin tanggal merah ! asik gak tuhh !
Hari ini, planning gua cuma satu. MAEN ! Maen sepuasnya dengan puas dan sampe puas. Pertama gua mau sepedaan sama anak komplek, maen PS, jalan – jalan, terus gua mau ke distro kaset, habis itu gua mau ke amazone, malemnya gua mau ngeDrag, finally nginep tempat Ari. Pokoknya jadwal gua padet Boss.
Dan sekarang gua udah siap dengan kaos putih bergambar squidward mini kesukaan gua sambil nenteng pixi warna merah dengan mendendangkan lagu gembira, sebelum boss cewek gua manggil dengan mesra.
“Eh eh ehhh, anak kesayangan mama pagi – pagi udah bangun. Udah cakep, udah wangi, mau kemanaa? Gak sekolah?” tanyanya sambil senyum mengembang seperti iklan pepsodent yang sering muncul di tv – tv.
“Gak ada kegiatan eskul Ma, aku mau sepedaan sama anak komplek.” Dengan rada bosan gua mulai meninggalkannya.
“Aduhhh kok buru – buru? Gak tau apa kalo papa semalem nransfer uang bonus kerjanya ke mama?” nyokap udah ngedip – ngedipin matanya kayak orang cacingan. Gua tahu nih ujung – ujungnya kayak gimana.
“Gak tau !” ketus.
“Ah masa? Mama mau pergii lohhh..” ia mulai menggoda. Sambil menggoyang – goyangkan pixi yang masih gua tenteng.
“Ma, aku sibuk.” Agak males mendengar kalimat selanjutnya yang pasti akan mengatakan, kok gitu? Kenapa gak nemenin mama aja? Nanti mama beliin baju sama sepatu baru loh.
“Kok gitu? Kenapa gak nemenin mama aja? Nanti mama beliin baju sama sepatu baru loh.”
Haha ! Benar kan dugaan gua !! ckckckc, tuh boss cewek selalu ngerayu gua dengan sepatu dan baju. Gak tahu apa kalo sepatu sama baju gua ngelumbruk gitu aja di lemari, sombong dikitt~~
“Males Maaa…” selangkah lagi gua bakal sampe di pager luar. Tinggal goes dan pergi.
“Kamu kok gitu Than, padahal anak mama yang cowok satu – satunya cuma kamu. Terus kalo bukan sama kamu, mama minta temenin sama siapa lagi? kakak kamu Catrien, ada di luar negeri. Terus mama gimana dong? Kamu kan anak mama, jadi jangan jadi anak durhaka gitu lah Thann. Inget lohh, surga ada di telapak kaki mama. Kamu kan bakal---“
“Arghh !! OK OK. Iyaa iyaa, aku temenin mama! Bisa?” kata – kata kayak gini tuh udah bisa jadi senjata ampuh mama.
Kamu gak bakal tercicip surga kalo kamu nggak nurutin apa kata mama.
 Nyokap guaaaaaa, picisann !!!!!

***

Jadinya seharian ini gua bakal nemenin nyokap belanja, ke salon, meni pedi dan apapun namanya. Dan gua? gua bakal menjadi anak manis yang selalu mengekor dengan membawakan berkantong – kantong pakaian yang dia pilih.
“Wahh, kayak biasa yaa. Kalo nyonya belanja disini, pasti di temenin anaknya. Jarang ada loh, anak baik yang nurut kayak anak nyonya ini.” seorang parmuniaga  menyeletuk ketika gua meminta nota baju – baju yang dipilih nyokap.
“Iyaa, anak saya kan memang baik. Dia ini sayang banget sama saya, jadi katanya dia gak bakal ninggalin saya sendirian belanja. Iya kan Nathan ya?” nyokap gua menyikut sambil tersenyum lebar.
Gua senyum.
Artinya, Gua bosan Maaaaaa !
 “Ma, aku tunggu di luar ya. Kalo udah selesai, panggil aja.”
Cepet – cepet keluar dari butik yang cuma berisi anak menye - menye dan para ibu yang sibuk memperbincangkan model – model terbaru adalah hal yang paling bisa gua lakuin.
“Emak – emak emang suka gitu tuh. Berkicauuu ngomongin hal yang gak jeals.”
Dan waktu gua keluar, gua ngeliat ada seorang cewek pake kemeja biru tangan panjang, dan menenteng banyak selebaran di tangannya dengan tergesa lewat gitu aja di depan gua.
Nih cewek, gak liat apa ada cowok super manis dambaan semua calon mertua di depan dia. Haduhh..
Tanpa sadar gua ngikutin dia.
Dia terus jalan cepat. Gua ngimbangin.
Mungkin gara – gara dia kelewat cepat, beberapa selembarannya terjatuh.
Sip ! gua ngedeket. Bakal jadi kayak di film – film nih.
Dia sibuk jongkok memungut selebarannya yang terjatuh ke lantai, gua (dengan sok berjiwa kepahlawanan) ikut menjongkokkan diri dan ngebantu dia mungutin selebarannya.
Dia gak ngerespon!
Antara emosi dan galau, gua ngambil selebarannya dengan cepet – cepet.
“Eh mas, kalo niat ngebantu jangan ngerusak kerjaan saya dong!”
JJDING !!
Suara apa tadi? Suara siapa tadi?
Gua melongo. Dengan wajah cemberut dia mengambil beberapa selebaran yang udah gua pungut dari tangan gua, mungkin lebih tepatnya ngambil selebarannya yang berhasil gua remet – remet.
“Laen kali gak usah sok jadi pahlawan kesiangan !” nadanya ketus lagi.
Ini cewek gak tahu terima kasih ya?
“Lo gak bilang thanks, gitu?” dengan nada sedikit kesal gua ngeliat lurus ke dalam matanya.
Weyyy, bening men. Matanya bikin perasaan gua cenat - cenut.
“THANKS? Buat semua kerjaan gua yang lo rusakin ini?!” nadanya berubah sangar.
Ihwaw, takutt~~
“Well, gua kan cuma niat ngebantu. Lagian gua suka sama lo kok.” Kata – kata itu terlontar begitu saja dari mulut gua.
WADUH ! parah !
“HAH?!” reaksi yang sudah bisa di terka. Matanya melotot seperti ikan mas koki yang lagi kehabisan oksigen. Untung doi gak megap – megap, bisa – bisa gua beneran jadi pahlawan kesiangan deh. Ngasih nafas buatan.
“Maksud gua, gua suka ngerjain orang kayak lo gini.” cewek mungil nan imut di depan gua ini masih memasang wajah bloonnya. Mungkin dia ngira, gua adalah cowok teraneh yang omongan asal ngeles ayak bajaj. “Hellooo, gak usah terpesona gitu dong sama ketampanan gua. gua tau kok, gua itu----“
“Freak…” satu kata itu terlontar lembut dan nyaris tak terdengar. Kemudian dia berlalu.
FREAK? Gak salah nih? 

*
Gua membiarkan dia berlalu gitu aja. Huh ! payah tuh cewek !
Hp gua mulai bergetar, pertanda panggilan nyokap gua mulai bergema. Sambil ngeliat hape, gua membalikkan badan.
Gua gak sengaja ngeliat something yang bikin pandangan gua gak lepas buat ngeliatin barang itu.
Selebaran yang di pegang sama cewek itu !
Aha !
“Iya ma?” gua mengangkat telpon sambil memungut selebaran yang seperti dengan sengaja tergeletak pasrah di depan sepatu gua.
Selebaran yang berdominan gambar kamera itu mulai gua baca.
Kamu dimana sayaaanggg??” suara nyokap bergema dari sebrang.
“Photogaper Event?”
“HAH?! APA?” nyokap disana berteriak nyaring, “Kamu dimana Nathaann? Mama cariin di depan butik kok gak ada?”
“Hah, oh iya iya ma. Tadi ke toilet bentar, ini lagi jalan kok ma.”
“Ya udah cepetan. Mama capek nih.” Nyokap menutup telpon.
Sambil jalan pelan – pelan gua baca dengan seksama selebaran itu.

PHOTOGRAPER EVENT.
WANNA BE JOIN ?
COME TO Taman Latar samping ABL MALL, 10 April 2012
Pukul 15 : oo WIB
Pengambilan gambar 2 sesi.
v  Sesi 1 : Tema bebas.
v  Sesi 2 : Tema di tentukan saat pengambilan gambar.
Hadiah
  • Pemenang 1 : uang tunai Rp. 7.000.000,00 + TROFI + bingkisan
  • Pemenang 2 : uang tunai Rp. 5.000.000,00 + TROFI +bingkisan
  • Pemenang 3 : uang tunai Rp.. 2.500.000,00 + TROFI + bingkisan
HTM Rp. 100.000,00 (paling lambat tanggal 5 April 2012)
CS : Romi (0819-777-84939)


***
5 menit lebih awal.
Gua datang, dengan modal kamera pinjeman Dion. Dan bodohnya, gua gak ngerti apa – apa dan gimanapun sok nya gua mau sok pinter gua tetep aja keliatan bloon.
Berkali – kali gua telponin hape si Dion. Tapi si empunya sama sekali gak ngangkat.
“Anjrit ! nih anak kemana sih?!” gua mulai gak sabaran dan cuma petantang petenteng ngebawain kameranya kesana kesini.
Taman latar mulai rame di padetin sama pengunjung, peserta dan panitia yang ikut kegiatan.
“Ikut kegiatan?” seorang gadis menepuk lengan gua dari belakang.
Wahh, sesat deh !
Gua berniat balik badan dan tersenyum seramah mungkin. Sebelum ternyata yang gua liat adalah orang yang jadi alasan gua terlihat seperti pemuda tampan bloon  di tengah keramaian ini.
Cewek mungil yang waktu itu.
“Elo yang----“ kening gua mengkerut.
Ekspresi dia, datar.
Gua rasa, dia lupa sama gua.
Oh God ! kenapa dia lupa gua ?
“Kenapa?” Tanya cewek itu sambil menenteng banyak map di pelukannya. Sebuah namebet tergantung di lehernya, tapi sayangnya terbalik !
“Gak.” Jawab gua datar. “Lo panitia?” Tanya gua seadanya.
“Iya. Lo peserta kan? Udah daftar ulang?” dia balik tanya dan memperhatikan kamera yang dari tadi gua pegang.
“Yaaa, daritadi gua nyari tempat daftar ulangnya.” Jawab gua sok. Padahal tau ada daftar ulang aja nggak.
“Disana tuh. Kalo ada yang mau ditanyain, lo bisa tanya sama panitia.”  Cara bicara nih cewek mungil, beda banget sama pertama kali kita ketemu. Wah wahh, bikin gua tambah penasaran aja.
“Oke!” jawab gua singkat. Bertingkah sok acuh tak acuh adalah kelihaian gua dari dulu.
“Eh Pi !” seorang panitia menepuk pundak cewek mungil yang lagi asik ngobrol sama gua. tolonglah ya kakak – kakak panitia, jangan menganggu kami berdua.
“Lo udah makan Pi?” Tanya panitia itu sambil memperhatikan cewek mungil gua dengan tatapan aneh.
Dia siapa sih? Sok perhatian banget.
“Udah kok kak.” Cewek mungil gua, tersenyum. Hah? Senyum?
Mereka pacaran? HAH?
Gua memperhatikan panitia yang kelihatannya lebih dewasa, eh atau kita sebut saja lebih tua dari gua, dengan tatapan yang gak kalah anehnya. Si panitia (gua rasa) ngerasa juga kalo dia diperhatiin dengan tatapan yang rasanya kayak mau muntah di tempat.
Panitia itu mengacak poni cewek mungil gua. “Ya udah, kita coba check tempat view yang di sana ya.”  Panitia itu balik menatapku dengan tatapan seolah mengatakan ‘nih gua hebat!’
“Okee.” Cewek mungil gua nurut gitu aja.
Bibir gua mencibir, dan tangan mulai mengepal. Mereka berlalu dan meninggalkan gua sendiri, di tempat ini, tanpa siapapun, tak ada orang. Tiba – tiab gua ngerasa tubuh gua mulai perlahan – lahan mengecil mengecil dan tidak terlihat sama sekali. Apa lagi ketika gua ngeliat panitia itu merangkul pundak cewek mungil gua.
Woyyy !! Balikin calon pacar gua woyy !!
“Hoi !” seseorang menepuk pundak gua.
“HAH?!” gua kaget. Rasanya baru kembali lagi ke dunia.
Dion.
Makhluk alien itu berdiri di hadapan gua. Dengan tampang cengengesan dan memasang ekspresi gak enak banget.
“Lo !” gua menunjuk wajahnya.  Benar – benar menunjuk hingga ke depan hidungnya. “Lo kok jahat banget sih sama gua ! Lo kemana aja? Gua nyariin lo tauk ! Kok gua di tinggal sendirian sih ?!”
“Hah?!” Dion terbengong mendengar perkataan gua yang lebih mirip sama pacarnya. Gua juga bingung kenapa gua ngomong kayak gitu.
Tangannya melayang dan menggaruk – garuk kepala belakangnya. “So-sorry deh Than.” Masih dengan tampang gak enaknya itu.

*

Gak kerasa, udah hampir petang dan sesi kedua sudah di mulai..
Kata Dion tadi, “timing yang tepat itu waktu petang. Angel nya bisa bagus banget kalo view dan taken yang tepat.” Walaupun gua gak ngerti sama sekali apa yang dia omongin beberapa waktu lalu, tentang timing? Angel? Taken? Apapun itu, yang penting gua rasa omongan dia itu artinya gambarnya bisa bagus kalo tepat objek nya.
Tema nya beberapa waktu yang sudah di kasih tau. Keindahan.
Kata Dion (lagi), “waktu tema di kasih. Entah apapun itu, lo mesti mikirin apa makna di balik tema itu. Tapi, kalo lo gak bisa juga mikirin makna nya. Gua saranin, lo ngetake apapun yang ada di benak lo pertama kali. Itu namanya ekspresi natural. Oke?”
Sepertinyaa .. sekeras apapun gua mikir tentang makna keindahan, gua tetep aja gak terlalu ngerti. Nah, terus apa yang gua pikirin tentang keindahan?
Indah ?
Indah Dewi Pertiwi? Yang penyanyi itu?
Nah !!!
Eh tapi mana ada IDP di tempat kayak gini, ckckck. Kayaknya gua mesti jalan – jalan ke daerah lain biar nemu inspirasi deh.
Dan melangkahlah kaki gua ke tempat lain, dan ngeliat peserta lain udah mulai sibuk ngambil gambar. Yang gua liat kebanyakan dari mereka sibuk ngambil gambar bunga – bunga yang ada di sekeliling taman.
Masak iya gua ngikutin juga? Indah bukan berarti bunga aja kan? Indah kan bisa kita ambil contohnya tentang kehidupan yang indah, cewek yang indah. Hm ? cewek yang indah? Cewek? Cewek mungil gua juga termasuk indah kan? Dimata gua dia indah! NAH !
Terburu – buru gua mencari dia.
Setelah gua lumayan lama bolak – balik, kesana – kemari mencari, akhirnya gua ngeliat dia juga. Sendirian. Sambil ngeliatin peserta.
Aduhh ,,, gua rasa ini nih timing yang tepat kayak kata Dion.
Dan langsung aja, gua … JPRET ! 

*
“Dan selain itu …” juri menambahkan setelah mengumumkan siapa para pemenang.
“Dari banyak – banyak foto yang kami, para juri lihat disini, ada satu foto yang membuat kami penasaran. Hingga peserta itu kami nominasikan sebagai juara favorit.” Juri itu mengungumkan dari atas panggung.
Gua yang lagi sibuk makan gorengan yang dibeliin Dion, Cuma bisa manggut – manggut aja. Sok ngerti aja deh. Lagian gak bakal gua ngerebut juara apapun. Hahaha.. kata Dion, gambar gua gak pernah pas. Gak bisa tepat sasaran.
“Walaupun, dari dua foto yang diserahkannya bukan merupakan gambar dengan angel yang pas. Tapi satu dari dua gambar itu, sudah membuat kami tertarik. Dan inilah foto yang di serahkan dengan tema keindahan.”
Sebuah foto terpampang jelas di depan layar proyektor yang di pasang di depan panggung.
Foto seorang gadis cantik bertubuh mungil dengan wajah serius memperhatikan entah apa yang dia lihat.
HAH? Fo-Foto itu?
Gorengan yang gua makan rasanya masuk ke dalam tenggorokan gua, bulat – bulat tanpa di kunyah.
“Fo-fo .. Fhoto ghua tuh!” Suara gua gak jelas karena berusaha menelan gorengan yang masih tersangkut di tenggorokan. Gua menepuk bahu Dion, dan Dion yang tahu langsung menepuk – pundak punggung gua sambil tertawa lebar.
“Cieee foto lu tuh !”
“Uhukk ! Uhukk !!” GLEK ! benar – benar gorengan sebulatan itu langsung masuk secara terpaksa ke dalam perut gua.
Para peserta beserta penonton bertepuk tangan riuh dan melihat kea rah gua. Dion menyuruh gua untuk berdiri dan maju ke depan panggung. Gua? Keki nih.
“Ya, peserta nomor 27 dengan nama Nathan Edessa Strang—hmm .. Strang-geleo.” Dengan agak kesusahan juri itu menyebut nama gua.
Gua berdiri dan maju ke depan panggung.
“Hahaha, maaf. Nama anda lumayan sulit untuk di ucapkan.”
“Oh iya, gak apa – apa.” Jangankan lo pak Juri, gua aja kesusahan nyebut nama gua sendri.
“Kalo tidak salah, yang menjadi objek kamu dalam foto ini adalah salah satu panitia pelaksana acara ini.” Juri itu tersenyum melihat kea rah gua yang salah tingkah di atas panggung ini.
“I-iya. Hehehe..” kayaknya kata ‘hehehe’ itu gak perlu gua keluarin ya.
“Hahaha, benar kata saya. Lalu, ada hubungan apa anda dengan panitia ini?” Juri itu bertanya seolah benar – benar ingin tahu. “Pacarnya?” lanjutnya.
“Nggak Pak Toni !”  seseorang berteriak dari bawah. Saat gua liat, sangat jelas yang berteriak adalah si cewek mungil.
“Hahaha, lalu siapanya? Apa makna di balik foto ini?”
Gua garuk – garuk kepala. Rasanya kepala gua bener – bener gatel kali ini. “Itu, hmm—waktu panitia ngasih tau temanya keindahan. Gua bingung mau ngambil gambar apa yang bersangkut paut sama keindahan. Dari peserta yang lain, gua lihat banyak yang ngambil gambar bunga yang ada di sekitar sini. Tapi …” gua ngeliat ke arah cewek mungil itu dan tersenyum melihat wajah nya yang ditekuk – tekuk seolah benar – benar pengen gua jadi makan malemnya.
“Tapi, waktu gua ngeliat panitia yang itu.” Gua menunjuknya dengan tajam, “Gua ngerasa gua ngeliat keindahan di sana. Ekspresi Natural.” Gua mengutip omongan Dion waktu ngasih gua nasehat sebelum ngetake foto.
“Waw !” tepuk tangan dari juri dan yang lainnya membuat gua teresnyum geli dengan penjelasan yang gua bikin secara mendadak dan instan.
“Jadi, ini tidak ada maksud tersembunyi dalam foto ini ya?” juri itu bertanya lagi.
“Ah, ngg-“
 Gua ngeliat lagi kea rah cewek mungil itu, tapi panitia yang tadi, berada di sampingnya lagi. Astaga ! itu panitia protektif banget sih!
“Ada!” gua langsung menjawab secepat mungkin sebelum semuanya terlambat.
“Boleh saya tahu?” Juri itu memandang gua penuh arti.
“Gua, udah pernah ngeliat dia waktu lagi nyebarin selebaran event ini. Makanya, hari ini.. dengan gak ada kemampuan apapun tentang photographer gua ngikut acara ini, biar ketemu dia lagi. Gua,,, udah jatuh cinta dari pertama kali ngeliat dia.” NEKAT aja sobbbb !!!
“Wahhhh……” semuanya bersuat – suit dan bertepuk tangan. Riuh.
Gua ngeliat kearah cewek mungil itu lagi. ekspresinya beneran kayak mau makan gua. matanya melotot, gak lepas dari mandangin gua.
“Tapi, gua rasa dia gak mungkin timbul suka gitu aja sama gua.. hehe.” Gua beralih kearah juri. Dan tersenyum cengengesan.
“Lho kenapa jadi pesimis? Bukannya anda punya wajah yang tampan, seharusnya itu sudah bisa jadi modal utama kan?” Juri itu mengacungkan kedua jempolnya.
“Hahaha, walaupun gua tahu gua keren. Tapi, gua rasa gara – gara kejadian hari ini pasti dia marah besar sama gua. Dan mungkin berdoa biar gak ketemu gua lagi. Jadi, seenggaknya, gua pengen tahu namanya aja. Cukup buat nama aja, biar waktu yang buat kita ketemu lagi kayak pertama kali. Gak sengaja kayak waktu itu. Dan, gua yakin. Kalo kita ketemu lagi, berarti gua sama dia itu .. “ entah kenapa gua lebih berani buat ngeliat langsung kea rah cewek mungil itu, dan ngasih senyum paling manis sama dia. “Jodoh.” Satu kata itu gua akhiri sangat dramatis. Dan mengundang tepuk tangan yang riuh.
Kalo udah nyebur ke dalem sumur, berarti resikonya mati kelelep kan?
“Wahh, saya benar – benar kagum dengan cara anda ini. jadi, Kita biarkan waktu yang menjawabnya ya. Oke oke. Saya kasih tahu yaaa, namanya itu …” juri itu mendekat dan berbisik sangat pelan di telinga gua.
Pia, namanya Pia.”
“Sudah kan? Semoga beruntung yaa..” juri itu menjabat tangan saya. Dan menepuk bahu saya angat erat.
Saya mengangguk – angguk mengerti. Kemudian turun panggung.
Dan gua rasa, kayaknya gua mesti langsung kabur. Daripada gua dijadiin santapan menggiurkan seperti ‘Nathan Panggang’ atau ‘Nathan Saus Asam Manis’ , lebih baik gua langsung melarikan diri.


**bersambung**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar